Survei Kepuasan Masyarakat

HASIL PENGUKURAN SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

SEMESTER-I TAHUN 2019

RUMAH SAKIT UMUM DAERAH M.Th.DJAMAN

Rumah sakit merupakan institusi pelayanan yang sangat komplek, padat profesi dan padat modal. Agar rumah sakit dapat melaksanakan fungsi dengan baik, maka dirumah sakit harus memiliki sumber daya manusia, sarana, prasarana dan peralatan yang memadai serta dikelola secara professional sehingga dapat meminimalkan ketidakpuasan pelayanan masyarakat.

Dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik sesuai mandat pasal 7 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dan pelaksanaan evaluasi yang berkelanjutan, RSUD M.TH.Djaman melakukan pengukuran Survai kepuasan masyarakat dengan berpedoman pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RI Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Survey ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kinerja pelayanan yang telah diberikan kepada masyarakat dan kekurangan-kekurangan yang ada sebagai dasar pengambilan kebijakan untuk peningkatan mutu pelayanan.

Jumlah responden survey indeks kepuasan masyarakat ini dipilih secara acak sesuai dengan cakupan pada 8 bangsal perawatan, 7 poliklinik rawat jalan dan 4 instalasi penunjang. Untuk memenuhi akurasi hasil penyusunan indeks, responden terpilih ditetapkan 200 orang  dari populasi penerima layanan (sesuai dengan pedoman table sample Krijcie dan Morgan).

Terdapat 9 unsur pelayanan yang dinilai, yang merupakan ruang lingkup survei kepuasan masyarakat, melliputi: (1) Kemudahan persyaratan pelayanan, (2) Kemudahan tata cara (prosedur) pelayanan, (3) Waktu memberikan pelayanan/melayani pasien, (4) Kejelasan rincian pembiayaan (tarif) pelayanan, (5) Hasil pelayanan (produk), (6) Ketrampilan petugas (kompetensi) pemberi layanan, (7) Keramahan (perilaku), sikap pemberi  layanan, (8) Pemberian informasi (maklumat pelayanan), (9) Pemberian jalan keluar (penanganan pengaduan, saran dan masukan dari pasien) saat menghadapi kesulitan.

Dari sembilan unsur pelayanan yang dinilai diperoleh nilai survey kepuasan masyarakat pada semester satu di tahun 2019 sebanyak 76,74. Nilai ini sesuai dengan interval SKM mengacu pada KepMENPAN RI No 14 tahun 2017 dapat disimpulkan bahwa pelayanan RSUD M.TH.Djaman Kabupaten Sanggau masih tergolong BAIK, dan hasil pengukuran ini dibandingkan dengan pengukuran ditahun 2018 mengalami peningkatan. RSUD M.Th.Djaman semakin tahun harus selalu mengalami peningkatan yang lebih baik.

Diagram dibawah ini gambaran peningkatan hasil pengukuran survey kepuasan masyarakat di RSUD M.Th.Djaman periode tahun 2018 dibandingkan dengan tahun 2019:

 

Dari hasil survey masih dijumpai sebagian kecil yang mengeluhkan pelayanan rumah sakit. Hal ini tidak bisa dipungkiri dengan sifat rumah sakit sebagai pelayanan publik yang bersifat sangat komplek, multi disiplin, terlebih dengan keterbatasan Ketenagaan (seperti terbatasnya jumlah dokter spesialis) maupun sarana dan prasarana, namun upaya-upaya untuk peningkatan pelayanan akan selalu dilakukan di RSUD M.Th.Djaman.

 

Redaksi: Tim Survey Kepuasan Masyarakat RSUD M.Th.Djaman