Standar Pelayanan

STANDAR PELAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH M.Th.DJAMAN

KABUPATEN SANGGAU

 

1. PELAYANAN INSTALASI RAWAT  JALAN (Poliklinik)

No. KOMPONEN URAIAN
1. Persyaratan 1.    Pasien Umum Baru :

Kartu ID (KTP/SIM/Pasport)

2.    Pasien Umum Lama :

Kartu ID (KTP/SIM/Pasport) dan Kartu Pasien             RSUD M. Th. DJAMAN (kartu berobat)

3.    Pasien BPJS Baru :

  •  KTP asli dan fotocopy sebanyak 3 lembar
  •  Kartu BPJS asli dan fotocopy sebanyak 3   lembar
  •  Fc. Rujukan dari Faskes 1 atau rujukan internal RSUD atau asli pengantar poliklinik (jika pasien kontrol setelah rawat inap

4.    Pasien BPJS Lama :

  •  KTP asli dan fotocopy sebanyak 3 lembar
  •  Kartu BPJS dan fotocopy sebanyak 3 lemabr
  •  Fc. Surat rujukan dari Faskes 1 (yang masih berlaku 1 bulan) atau Fc. Surat Rujukan dari Faskes 1 (yang baru jika surat rujukan yang lama habis masa berlaku 1 bulan) atau Asli pengantar Poli/Rujuk Balik (jika pasien kontrol ulang)
2. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  1. Pasien/keluarga menuju mesin antri dan menekan tombol antrian pendaftaran berdasarkan loket yang dituju (UMUM/LANSIA/BPJS)
  2. Pasien/keluarga pasien menunggu panggilan      nomor antrian di loket kemudian menyerahkan    syarat-syarat pendaftaran
  3. Pasien/keluarga pasien diarahkan ke kasir untuk proses pembayaran pendaftaran pasien umum, kemudian kembali ke loket pendaftaran menyerahkan bukti pembayaran
  4. Setelah proses pendaftaran diloket selesai pasien diarahkan untuk mengambil nomor antrian di mesin antrian poliklinik yang dituju, kemudian menunggu pemeriksaan di poliklinik
  5. Anamnesis dan pemeriksaan tanda-tanda vital
  6. Pemeriksaan oleh dokter
  7. Dilakukan pemeriksaan penunjang medik bila diperlukan oleh dokter (Laboratorium, Rontgen, EKG/tindakan khusus)
  8. Pasien/keluarga pasien membawa hasil pemeriksaan penunjang medis kembali ke poliklinik
  9. Bila pasien perlu Rawat inap, diarahkan menuju Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Inap
  10. Bila pasien perlu rawat inap tetapi kondisi pasien perlu tindakan segera/emergency, pasien dirujuk ke IGD.
  11. Bila pasien tidak perlu rawat inap, pasien/keluarga pasien menukarkan resep obat di instalasi farmasi rawat jalan
  12. Untuk pasien BPJS yang sudah melakukan pengambilan obat ke instalasi farmasi, harus mengembalikan kwitansi obat ke poliklinik
  13. Pasien pulang
3. Jangka Waktu Pelayanan ≤ 1 Jam (sesuai kondisi pasien) terhitung sejak pasien dipanggil petugas poli.
4. Biaya/tarif
  1. Pendaftaran pasien umum 18.000
  2. biaya pemeriksaan penunjang dan obat disesuaikan dengan perda/perbup yang berlaku di RS
  3. Pasien BPJS akan ditanggung oleh BPJS sesuai dengan paket yang ditetapkan oleh BPJS
5. Produk Pelayanan Pelayanan di Rawat Jalan (poliklinik)
6. Penanganan Pengaduan, saran dan masukan SMS Pengaduan     : 08115709467

Website : rsud.sanggau.go.id

Informasi dan Pengaduan :Meja Informasi & Pengaduan

Tatap Muka Langsung    : Bidang Pelayanan

 

2. PELAYANAN INSTALASI GAWAT  DARURAT

No KOMPONEN URAIAN
1.  

Persyaratan

 

1.     Pasien Umum Baru

  •  Kartu identitas (KTP/KK/SIM/Pasport)

2.     Pasien Umum Lama

  •  Kartu identitas (KTP/KK/SIM/Pasport)
  •  Kartu Berobat

3.     Pasien BPJS

  •  Kartu identitas (KTP/KK/SIM/Pasport)
  •  Kartu Berobat
  •  Kartu BPJS fotocopy sebanyak 5 lembar

4.     Pasien JAMKESDA

  •  Kartu identitas (KTP/KK/SIM/Pasport)
  •  Kartu Berobat
  •  Surat keterangan miskin difotocopy sebanyak 5 lembar dan dilegalisir (Camat dan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana)
  •  Rujukan dari puskesmas tempat domisili
  •  Fc. KTP 5 Lembar
  •  Fc. Kartu Keluarga 5 lembar
2. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur 1.    Pasien

  •  Masuk dari pintu IGD dengan datang sendiri atau dengan rujukan
  •  Kecelakaan

2.    Triase :

  •  Label warna hijau (Pasien dengan sakit ringan tanpa gangguan jiwa sehingga tidak memerlukan tindakan dan tidak perlu dirawat)
  •  Label warna kuning (Pasien dengan sakit ringan dan sedang jiwanya memerlukan tindakan bedah minor, pasien bisa dipulangkan atau dirawat untuk observasi)
  •  Label warna merah (Pasien sakit berat dan mengancam jiwa perlu tindakan segera atau darurat, cepat dan tepat sehingga pasien dapat dihindarkan dari kematian dan kecacatan)
  •  Label warna hitam (penderita yang sudah meninggal dunia)

3.    Keluarga pasien ke ruang pendaftaran atau                 rekam medis

4.    Anamnesis dan pemeriksaan vital sign

5.    Periksa oleh dokter jaga IGD

6.    Bila pasien tidak sadar, maka pendaftaran                   identitas pasien dilakukan secara alloanamnesa

7.    Bila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang               (pemeriksaan laboratorium.Radiologi/EKG)

8.    Jika dirawat koordinasi dengan ruang rawat inap         dan dilakukan pemasangan infus

9.    Mencatat identitas pasien di formulir rekam                 medik di IGD

10. Tidak rawat inap/boleh pulang

11. Pengambilan obat

12. Menyelesaikan administrasi

3. Jangka Waktu Pelayanan < 30 menit
4.  

Biaya/tarif

 

  1. Pasien umum tarif sesuai perda
  2. Pasien BPJS akan ditanggung oleh BPJS sesuai dengan paket yang ditetapkan oleh BPJS
5. Produk Pelayanan Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (Diagnosis, Resep, SKS, SKD, Rujukan Kerawat Inap)
6. Penanganan Pengaduan, saran dan masukan SMS Pengaduan     : 08115709467

Website : rsud.sanggau.go.id

Informasi dan Pengaduan : Meja Informasi & Pengaduan

Tatap Muka Langsung   : Bidang Pelayanan

 

3.  PELAYANAN INSTALASI INTENSIVE CARE  (ICU)

No. KOMPONEN URAIAN
1.  

Persyaratan

 

Kreteria pasien yang masuk ruang ICU, berdasarkan Prioritas :

  1. Pasien sakit kritis, tidak stabil dan memerlukan terapi intensive Tetitrasi
  2. Pasien yang memerlukan pelayanan pemantauan canggih di ICU, sebab sangat beresiko bila tidak mendapatkan terapi intensive segera.
  3. Pasien sakit kritis, yang tidak stabil,status kesehatan sebelumnya yang disebabkan oleh penyakit akutnya secara sendirian atau kombinasi
2. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  1. Pasien yang memerlukan pelayanan ICU dapat berasal dari IGD, kamar operasi atau kamar tindakan lain, bangsal (ruang rawat inap) yang telah memenuhi criteria masuk ICU
  2. Sebelum pasien dimasukkan ke ICU, pasien dan keluarganya harus mendapatkan penjelasan secara lengkap tentang dasar pertimbangan mengapa pasien harus mendapatkan perawatan di ICU, serta berbagai macam tindakan kedokteran yang mungkin akan dilakukan selama pasien dirawat di ICU serta prognosa penyakit yang diderita pasien.Penjelasan tersebut diberikan oleh kepala ICU atau dokter yang bertugas
  3. Setelah mendapatkan penjelasan tersebut dan atau keluarganya bisa menerima atau tidak menerima harus dinyatakan dalam formulir yang ditanda tangani (inform consent)
3. Jangka Waktu Pelayanan 15 Menit
4. Biaya/tarif
  1. Rp. 360.000 / hari utk pasien umum
  2. Pasien BPJS akan ditanggung oleh BPJS sesuai dengan paket yang ditetapkan oleh BPJS
5. Produk Pelayanan Pelayanan Instalasi Intensive Care Unit
6. Penanganan Pengaduan, saran dan masukan SMS Pengaduan     : 08115709467

Website : rsud.sanggau.go.id

Informasi dan Pengaduan :Meja Informasi & Pengaduan Tatap Muka Langsung  : Bidang Pelayanan

 

4.   PELAYANAN INSTALASI  RAWAT  INAP

No. KOMPONEN  

URAIAN

 

1.  

Persyaratan

 

 Pasien Umum :

  1. Surat perintah dirawat inap dari Dokter/rujukan puskesmas atau rumah sakit lain
  2. Surat persetujuan rawat inap dari pasien/keluarga
  3. Kartu RM

Pasien BPJS :

  1. Pengantar rujukan dari puskesmas
  2. Surat persetujuan rawat inap dari pasien/keluarga
  3. Untuk pasien kecelakaan tunggal membawa surat pernyataan kecelakaan tunggal dari Jasa Raharja
  4. Kartu RM

Pasien Jamkesda :

  1. Pengantar rujukan
  2. Fc. Surat Miskin yang sudah dilegalisir
  3. Surat persetujuan rawat inap dari pasien/keluarga
  4. Kartu RM

Pasien Jasa Raharja :

  1. Laporan Polisi yang disahkan Jasa Raharja
  2. Surat Pernyataan kecelakaan ganda dari Jasa Raharja
  3. KTP/KK
2. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur Keterangan :

  1. Tugas TPPRI (Tempat Penerimaan Pasien Rawat inap) menerima surat perintah dirawat.
  2. Bila tempat rawat inap ada, petugas membuat surat perawatan dan pasien mengisi informent Consent.
  3. Untuk pasien operasi elektif yang sudah dijadwalkan dari Poliklinik masuk melewati TPPRI melakukan pengambilan berkas dan langsung menuju ruang perawatan untuk dilakukan tindakan.
  4. Bila tempat belum ada (penuh) pasien menunggu antrian rawat inap, petugas TPPRI mencatat antrian tempat dan pasien/keluarga aktif menghubungi RSUD M. Th. DJAMAN.
  5. Bila pasien pulang (atas izin dokter/atas permintaan sendiri), rujuk atau meninggal harus menyelesaikan adminitrasinya terlebih dahulu
3. Jangka Waktu Pelayanan       30 Menit
4. Biaya/tarif

 

  1. Jasa sarana dan BAKHP sesuai Perda
  2. Pasien BPJS akan ditanggung oleh BPJS sesuai dengan paket yang ditetapkan oleh BPJS
  3. Pasien Jamkesda gratis
5. Produk Pelayanan Pelayanan Instalasi Rawat Inap (Diagnosis, Resep, SKS, SKD, Rujukan, keatas, Pasien sembuh/membaik/ meninggal)
6. Penanganan Pengaduan, saran dan masukan SMS Pengaduan     : 08115709467

Website : rsud.sanggau.go.id

Informasi dan Pengaduan : Meja Informasi & Pengaduan Tatap Muka Langsung  : Bidang Pelayanan

 

5.  PELAYANAN INSTALASI BEDAH SENTRAL

No. KOMPONEN  

URAIAN

1.  

Persyaratan

 

  1. Kartu Rekam Medik
  2. Jadwal operasi
2.  

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

 

Keterangan :

  1. Pasien yang sdh konsultasi dan terjadwal dari ranap, IGD, ICU masuk ke ruang tunggu
  2. Adanya serah terima pasien oleh perawat ranap, icu, igd, kebidanan ke perawat anestesi
  3. Pasien ditangani sesuai jadwal di kamar bedah
  4. Selesai operasi pasien di di bawa ke ruang pemulihan
  5. Setelah pasien dinyatakan memenuhi kriteria pemulihan pasien boleh dikembalikan keruang rawat inap
3. Jangka Waktu Pelayanan Sesuai jenis operasi dan teknik anastesi
4. Biaya/tarif

 

Pasien umum sesuai perda dan  Pasien BPJS akan ditanggung oleh BPJS sesuai dengan paket yang ditetapkan oleh BPJS
5.  

Produk Pelayanan

 

  1. Pelayanan Operasi (Khusus, Besar dan Sedang baik dalam keadaan Elektif maupun cyto tersedia dalam 24 jam)
  2. Pelayanan Anastesi :
  •  sedasi, moderat dan dalam
  •  Anastesi lokal
  • Anastesi Regional
  •  Anastesi umum
6. Penanganan Pengaduan, saran dan masukan SMS Pengaduan     : 08115709467

Website : rsud.sanggau.go.id

Informasi dan Pengaduan : Meja Informasi & Pengaduan Tatap Muka Langsung  : Bidang Pelayanan

 

6.  PELAYANAN INSTALASI PERINATOLOGI

No. KOMPONEN  

URAIAN

 

1.  

Persyaratan

 

Rekam Medik

  1. Umum : tidak ada
  2. BPJS : Surat Elegibilitas Peserta + Kartu Tanda Peserta Ibu, Surat Keterangan Lahir + Fotokopi KTP Ibu
2.  

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

 

Keterangan :

  1. Pasien masuk dari klinik, IGD, VK, OK
  2. Pemasangan gelang untuk bayi dari VK dan OK
  3. Anamnesis, pemeriksaan vital sign
  4. Pemeriksaan dokter jasa (kasus IGD) lapor DPJP
  5. Bila diperlukan dilakukan pemeriksaan penunjang medik (Lab, RO, dll)
  6. Dokter Jasa kolaborasi dengan DPJP untuk terapi dan tindakan selanjutnya
  7. Persalinan normal dan SC bayi dinyatakan sehat lanjut observasi (tergantung kondis bayi dan ibu) diperbolehkan untuk rawat gabung dengan ibu di ruang nifas
3. Jangka Waktu Pelayanan

 

  1. Untuk bayi – bayi yang bermasalah tetap dirawat di perinatalogi
  2. Rerata pasien dirawat 3 hari  (Bayi sehat)
4. Biaya/tarif

 

  1. Pasien umum tarif sesuai tindakan
  2. Pasien BPJS akan ditanggung oleh BPJS sesuai dengan paket yang ditetapkan oleh BPJS
5.  

Produk Pelayanan

 

Pelayanan Instalasi Perinatologi

  1. Resusitasi bayi baru lahir/tindakan (SC, vakum, dll)
  2. Resusitasi bayi dengan asfiksia
  3. Perawatan bayi – bayi bermasalah
6. Penanganan Pengaduan, saran dan masukan SMS Pengaduan     : 08115709467

Website : rsud.sanggau.go.id

Informasi dan Pengaduan : Meja Informasi & Pengaduan

Tatap Muka Langsung : Bidang Pelayanan

 

7.  PELAYANAN INSTALASI RADIOLOGI

No. KOMPONEN  

URAIAN

 

1. Persyaratan

 

Surat pengantar rujukan dan permintaan foto rontgen dari dokter pengirim
2.  

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

 

Keterangan :

  1. Pasien bisa berasal dari rawat jalan dan rawat inap
  2. Pemanggilan pasien sesuai dg nomor urut dan nama di kartu RM
  3. Dilakukan tindakan Rontgen foto sesuai permintaan
  4. Hasil foto rontgen di ekspertise (dibaca) oeleh dokter spesialis Radiologi
  5. Setelah di ekspertise hasil foto diserahkan kembali ke pasien (bila Pasien rawat jalan) atau dikembalikan ke dokter pengirim (pasien rawat inap)
  6. Pelayanan selesai

 

3.  

Jangka Waktu Pelayanan

 

120 menit
4. Biaya/tarif

 

Pasien umum sesuai Perda /Perbup dan  Pasien BPJS akan ditanggung oleh BPJS sesuai dengan paket yang ditetapkan oleh BPJS
5.  

Produk Pelayanan

 

  1. Pelayanan Radiografi konvensional tanpa kontras media (polos)
  2. Pelayanan radiografi konvensional dengan kontras media
  3. Pelayanan radografi advance CT. Scan
  4. Pelayanan USG
6.  

Penanganan Pengaduan, saran dan masukan

 

SMS Pengaduan     : 08115709467

Website : rsud.sanggau.go.id

Informasi dan Pengaduan : Meja Informasi & Pengaduan

Tatap Muka Langsung : Bidang Pelayanan

 

 8.  PELAYANAN INSTALASI LABORATORIUM

No. KOMPONEN URAIAN
1.  

Persyaratan

 

  1. Blangko Permintaan Pemeriksaan Laboratorium
  2. APD (atas permintaan sendiri)
2. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur Keterangan :

  1. Blangko permintaan pemeriksaan laboratorium diterima di loket pendaftaran.
  2. Cek kelengkapan administrasi pasien
  3. Blangko pemeriksaan masuk keruang pengambilan sampel.
  4. Petugas laboratorium mengambil sampel sesuai permintaan pemeriksaan.
  5. Dilakukan pemeriksaan laboratorium sesuai dengan permintaan. Hasil pemeriksaan laboratorium divalidasi oleh pemeriksa dan dokter spesialis patologi klinik sebelum dikeluarkan oleh petugas laboratorium.  Hasil laboratorium diserahkan kepada pasien ataupun ruangan yang mengirim permintaan pemeriksaan laboratorium.
3. Jangka Waktu Pelayanan 130 Menit
4. Biaya/tarif
  • Sesuai dengan Perda dan Perbup yang berlaku.
  • Pasien BPJS akan ditanggung oleh BPJS sesuai dengan paket yang ditetapkan oleh BPJS
5. Produk Pelayanan Pelayanan Pemeriksaan Instalasi Laboratorium
6. Penanganan Pengaduan, saran dan masukan SMS Pengaduan     : 08115709467

Website : rsud.sanggau.go.id

Informasi dan Pengaduan : Meja Informasi & Pengaduan Tatap Muka Langsung : Bidang Pelayanan

 

9. PELAYANAN INSTALASI FARMASI

No. KOMPONEN  

URAIAN

 

1. Persyaratan RESEP
2.  

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

 

Penyiapan Resep

  1. Menyiapkan obat sesuai dengan permintaan pada resep
  2. Untuk obat racikan apoteker dan atau asisten apoteker menyiapkan obat jadi
  3. Mendokumentasikan pengeluaran obat pada kartu stock
  4. Menutup dan mengembalikan wadah obat pada tempatnya
  5. Menulis nama dan cara pemakaian obat pada etiket sesuai permintaan pada resep
  6. Obat diberi wadah yang sesuai dan diperiksa kembali jenis dan jumlah obat sesuai permintaan dalam resep

Penyerahan Resep

  1. Melakukan pemeriksaanakhir kesesuaian antara penulis etiket dengan resep sebelum dilakukan penyerahan
  2. Memanggil nama pasien secara lengkap (minimal dua suku kata)
  3. Mengecek identitas dan alamat pasien yang berhak menerima
  4. Menyerahkan obat yang disertai pemberian informasi obat
  5. Menanyakan kembali kejelasan pasien terhadap informasi obat dan meminta pasien untuk mengulang penjelasan yang telah disampaikan
  6. Menyimpan resep pada tempat penyimpanan dan mendokumentasikannya pada buku pencatatan resep
3.  

Jangka Waktu Pelayanan

 

  1. Layanan pengobatan racikan < 60 menit
  2. Pelayanan obat non racikan < 30 menit
4.  

Biaya/tarif

 

  1. Sesuai harga beli yang ditetapkan Rumah Sakit
  2. Pasien BPJS sesuai Obat yang tertanggung oleh BPJS
5.  

Produk Pelayanan

Pelayanan Instalasi Famasi (Layanan resep obat dan atau BHP)
6. Penanganan Pengaduan, saran dan masukan SMS Pengaduan     : 08115709467

Website : rsud.sanggau.go.id

Informasi dan Pengaduan : Meja Informasi & Pengaduan

Tatap Muka Langsung   : Bidang Pelayanan

 

10. PELAYANAN FISIOTERAFI

No. KOMPONEN  

URAIAN

 

1.  

Persyaratan

 

Kartu Rekam Medik, Surat Elegibilitas Peserta untuk pasien BPJS dan Surat Jaminan Peserta
2.  

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

 

Keterangan :

Pasien BPJS

  1. Pasien dipanggil sesuai nomor urut dengan nama sesuai RM untuk ke poliklinik dan mendapatkan surat permohonan fisioterapi dari poliklinik
  2. Pasien di fisioterapi sesuai SOP dan kebutuhan terapi dari pasien

Pasien Umum

  1. Pasien ke loket untuk mendaftar ke poli fisioterapi tanpa harus melewati poliklinik spesialis
  2. Pasien ke kasir untuk menyelesaikan administrasi
  3. Pasien di fisioterapi sesuai SOP dan kebutuhan terapi dari pasien
3.  

Jangka Waktu Pelayanan

 

1 jam
4. Biaya/tarif
  1. Pasien umum dikenakan tarif perda esuai dengan terapi
  2. Pasien BPJS akan ditanggung oleh BPJS sesuai dengan paket yang ditetapkan oleh BPJS
5.  

Produk Pelayanan

 

Pelayanan Fisioterapi

1.    Terapi tumbuh kembang

2.    Terapi usia lanjut

3.    Terapi muskuloskeletal

4.    Terapi kardiovaskuler promonal

5.    Terapi neuromoskuler

6.    Kesehatan wanita

6.  

Penanganan Pengaduan, saran dan masukan

 

SMS Pengaduan     : 08115709467

Website : rsud.sanggau.go.id

Informasi dan Pengaduan : Meja Informasi & Pengaduan

Tatap Muka Langsung    : Bidang Pelayanan

 

11.  PELAYANAN AMBULANCE

No. KOMPONEN  

URAIAN

1. Persyaratan

 

1.  BPJS : Difasilitasi oleh rmh sakit

2.  Pasien Umum : Menunjukan kwitansi

pembayaran ambulance

2. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur Keterangan :

  1. Ambulan dan petugas harus standby ditempat parkir Ambulan
  2. Ada jadwal piket petugas
  3. Petugas/perawat ruangan menghubungi petugas Ambula untuk merujuk pasien
  4. Perawat menyiapkan perlengkapan pasien yang akan dirujuk dan tenaga pendamping
  5. Supir ambulan menyiapkan kelengkapan ambulan
3. Jangka Waktu Pelayanan 30 menit
4. Biaya/tarif Sesuai perda tarif yang berlaku
5.  

Produk Pelayanan

 

Pelayanan Ambulance  (Pelayanan mengantar pasien)
6. Penanganan Pengaduan, saran dan masukan SMS Pengaduan     : 08115709467

Website : rsud.sanggau.go.id

Informasi dan Pengaduan : Meja Informasi & Pengaduan

Tatap Muka Langsung  : Bidang Pelayanan

 

12.  PELAYANAN HEMODIALISA

No. KOMPONEN URAIAN
1.  

Persyaratan

 

1.     Pasien BPJS Baru:

  • Kartu ID (KTP/SIM/Passport)
  • Fotokopi BPJS 1 lembar
  • Fotokopi Surat keterangan Hemodialisa dari unit hemodialisa 1 lembar
  • Melakukan fingerprint di loket BPJS

2.     Pasien BPJS Lama (Rutin):

  • Fotokopi BPJS 1 lembar
  • Melakukan fingerprint diloket BPJS

3.     Pasien Umum Baru:

  • Kartu ID (KTP/SIM/Passport)

4.     Pasien Umum Lama:

  • Kartu ID (KTP/SIM/Passport)
  • Kartu berobat RS M.Th.Djaman

5.     Pasien luar kota (Traveling Dialisis)

  • Pasien BPJS : Fotokopi BPJS 1 lembar,  Surat Travelling Dialysis, Fotokopi Surat keterangan Hemodialisa dari unit hemodialisa 1 lembar.
  • Pasien Umum : Kartu ID (KTP/SIM/Passport) dan Surat Travelling Dialysis.
2. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  1. Dokter yang menerima pasien baru Hemodialisa dari IGD, Poliklinik Penyakit Dalam, atau IRNA mengkonsultasikan pasien tersebut ke Dokter Pelaksana Hemodialisa Dokter Spesialis Penyakit Dalam Penanggung Jawab Hemodialisa
  2. Dokter pelaksana Hemodialisa/Dokter Spesialis Penyakit Dalam penanggung jawab Unit Hemodialisa menjelaskan kepada pasien dan keluarganya berbagai hal yang berhubungan dengan Hemodialisa.
  3. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Penanggung jawab Hemodialisa menjawab konsulen dilembar Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (CPPT) atau dilembar status rawat jalan.
  4. Petugas IGD, petugas Poli penyakit dalam atau petugas IRNA melakukan pemeriksaan Laboratorium Screaning standar Hemodialisa (Hbs Ag, HCV, dan HIV) memesan darah bila ada instruksi tranfusi intra Hemodialisa.
  5. Petugas IGD, petugas Poli penyakit dalam atau petugas IRNA menghubungi Unit Hemodialisa untuk Konfirmasi jadwal tindakan Hemodialisa pasien baru
  6. Petugas IGD, petugas Poli penyakit dalam atau petugas IRNA mengantar pasien ke Unit Hemodialisis setelah mendapat panggilan dari unit Hemodialisa
  7. Perawat Hemodialisa Menerima operan pasien beserta dokumen rekam medik pasien, mengecek akses vaskuler dan meminta persetujuan tindakan medis khusus hemodialisa.
  8. Menjelaskan kepada pasien dan keluarga mengenai tata tertib yang berlaku di RS, khususnya di Unit Hemodialisis
  9. Perawat Hemodialisa berkolaborasi dengan Dokter Pelaksana/ Dokter Spesialis Penyakit Dalam Penanggung Jawab Unit Hemodialisis tentang program HD yang akan dilaksanakan.
  10. Melakukan pelayanan sesuai SOP Unit Hemodialisa
3. Jangka Waktu Pelayanan Persiapan, pelaksanaan dan sampai selesai pelayanan hemodialisa waktunya 6 jam.
4. Biaya/tarif
  1. Pasien BPJS di tanggung pihak BPJS.
  2. Pasien UMUM tarif Sesuai dengan Perda/Perbup.
5. Produk Pelayanan Pelayanan Unit Hemodialisa
6. Penanganan Pengaduan, saran dan masukan SMS Pengaduan     : 08115709467

Website : rsud.sanggau.go.id

Informasi dan Pengaduan : Meja Informasi & Pengaduan Tatap Muka Langsung : Bidang Pelayanan

 

14. PELAYANAN PENGURUSAN SURAT KETERANGAN KESEHATAN

No. KOMPONEN URAIAN
1. Persyaratan 1.    Fc. KTP
2. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur 1.     Datang ke loket Pelayanan SKK

2.     Menyerahkan fc. KTP ke petugas

3.     Melakukan pembayaran di kasir

4.     Pasien menyerahkan bukti pembayaran ke petugas Pelayanan SKK dan menerima form pemeriksaan kesehatan untuk dibawa ke dokter jaga IGD

5.     Pemeriksaan fisik pemohon

6.     Menerima Surat Keterangan Kesehatan

 

3. Jangka Waktu Pelayanan  1 (satu) Jam
4. Biaya/tarif Rp. 25.000,-
5. Produk Pelayanan SURAT KETERANGAN KESEHATAN
6. Penanganan dan informasi lebih lanjut disampaikan atau diperoleh melalui : Kepala Seksi Rekam Medik dan Pelaporan

SMS Pengaduan     : 08115709467

Website : rsud.sanggau.go.id

 

 

15. PELAYANAN PEMERIKSAAN MEDICAL CHECK UP (MCU)

No. KOMPONEN URAIAN
1. Persyaratan 1.    Fc. KTP

2.    Surat Pengantar Dari Unit Kerja/Perusahaan

2. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur 1.     Menyerahkan persyaratan ke loket SKK

2.     Melakukan pembayaran di kasir, menerima bukti pembayaran disampaikan ke petugas pembuatan SKK

3.     Mendapatkan form pengantar untuk melakukan pemeriksaan ke Laboratorium, Radiologi atau EKG

4.     Menerima hasil pemeriksaan dari Laboratorium, Radiologi atau EKG

5.     Pemeriksaan Fisik Pemohon

6.     Menerima surat keterangan kesehatan pemeriksaan MCU

 

3. Jangka Waktu Pelayanan  3 (tiga) Jam
4. Biaya/tarif Sesuai paket pemeriksaan MCU
5. Produk Pelayanan Surat Keterangan Pemeriksaan MCU
6. Penanganan dan informasi lebih lanjut disampaikan atau diperoleh melalui : Kepala Seksi Rekam Medik dan Pelaporan

SMS Pengaduan     : 08115709467

Website : rsud.sanggau.go.id

 

 

16.  PELAYANAN INSTALASI GIZI

No. KOMPONEN URAIAN
1. Persyaratan Daftar menu sesuai diet pasien.
2. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur Keterangan :

  1. Pasien masuk ruang rawat inap
  2. Skrining gizi dilakukan berdasarkan data (Antropometri, Biokimia, Klinis, Riwayat makan) yang ada didalam rekam medik
  3. Menentukan kebutuhan gizi sesuai dengan status gizi dan penyakitnya
  4. Pemberian diet pasien sesuai permintaan, pembatalan atau perubahan diet dari ruangan rawat inap
  5. Membuat perencanaan menu
  6. Pengadaan bahan makanan
  7. Penerimaan dan penyimpanan bahan makanan
  8. Persiapan dan pengolahan makanan
  9. Distribusi dan penyajian makanan di ruangan
  10. Melakukan konseling gizi berdasarkan permintaan dokter, perawat atau pasien
3. Jangka Waktu Pelayanan 3 Jam
4. Biaya/tarif Rp. 0
5. Produk Pelayanan

 

Pelayanan Instalasi GIZI

  1. Produksi dan distribusi makanan
  2. Pelayanan gizi ruang rawat inap
  3. Penyuluhan dan konsultasi diet
6. Penanganan Pengaduan, saran dan masukan SMS Pengaduan     : 08115709467

Website : rsud.sanggau.go.id

Informasi dan Pengaduan : Meja Informasi & Pengaduan

Tatap Muka Langsung  : Bidang Pelayanan