RSUD M.TH.DJAMAN KAB.SANGGAU – KUNJUNGAN TIM VISITASI IJIN OPERASIONAL RUMAH SAKIT

Persiapan Kenaikan Kelas Rumah Sakit dari Tipe C ke Tipe B

214

Pada hari Jum’at, tanggal 11 Mei 2018, RSUD M. TH. DJAMAN telah menerima kunjungan dari Tim Visitasi Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau untuk visitasi terkait ijin operasional perubahan nama rumah sakit dari RSUD Kab.Sanggau menjadi RSUD M.TH. DJAMAN Kab.Sanggau.

Dalam sambutan pembukaan Direktur Rumah Sakit menyampaikan bahwa sebenarnya untuk RSUD M. TH. Djaman berharap kegiatan visitasi ijin operasional perubahan nama Rumah Sakit ini bisa sekaligus sebagai bahan evaluasi persiapan untuk kenaikan kelas rumah sakit dari kelas C menjadi kelas B, karena jika dilhat dari jumlah kunjungan pasien dan dilihat dari jumlah tempat tidur serta angka BOR sudah tinggi dan melebihi standard rumah sakit kelas C. Dikarenakan jumlah SDM Spesialis dan Sub Spesialis masih kurang maka masih perlu proses kelengkapan untuk menuju rumah sakit kelas B, tetapi disampaikan juga oleh Direktur, bahwa jika dilihat dari sarana dan prasarana rumah sakit seperti ALKES, RSUD M.TH.DJAMAN sudah melengkapi beberapa alat kesehatan di unit-unit pelayanan dengan ALKES standard kelas B.

Disampaikan oleh perwakilan tim Visitasi Dinas Kesehatan Provinsi bahwa penilaian visitasi ini dilakukan dengan telusur dokumen dan telusur lapangan menggunakan instrument sebagai dasar penilaian yang mengacu pada Permenkes No 56 Tahun 2014. Telusur antara lain: dokumen kepegawaian, sarana prasarana pelayanan medik dan penunjang medik, pelayanan rawat jalan, rawat inap dan penunjang. Telusur lapangan dilakukan mulai dari pelayanan depan sampai di unit paling belakang yaitu IPAL. Selama pelaksanaan telusur lapangan tim visitasi di damping oleh pihak rumah sakit dengan masing-masing penanggung jawab unit layanan RSUD M.TH.DJAMAN.

Telusur oleh Tim Visitasi dimulai dari pukul 10.00 sd 12.00, setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan diskusi, analisa, penilaianoleh internal tim visitasi. Tepat pada pukul 14.00 dilakukan paparan hasil telusur sebagai rekomendasi dari Tim Visitasi untuk pihak Rumah Sakit.

Dalam paparan pasca telusur di sampaikan oleh tim visitasi provinsi beberapa rekomendasi yang harus ditindaklanjuti dan dipenuhi oleh pihak RSUD M. TH. Djaman. Rekomendasi itu antara lain terkait penambahan SDM seperti tenaga farmasi (Apoteker), dokter spesialis radiologi, dokter spesialis gigi. Selain terkait SDM, rekomendasi juga disampaikan bahwa RSUD M. Th. Djaman harus melengkapi beberapa fasilitas sarana dan prasarana untuk pelayanan medik spesialis gigi dan mulut.

Redaksi: Atik Nurkhasanah, SKM.,MPH

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.