RSUD M.TH.DJAMAN KAB.SANGGAU GELAR WORKSHOP AKREDITASI REGULER

204

AKREDITASI adalah sebuah sistem yang mendukung strategi yang berfokus pada kualitas Pelayanan kesehatan, namun studi mengenai perubahan manajeman yang berasal dari proses Akreditasi sangat penting dan perlu karena berdasarkan hasil para manajeman di rumah sakit dapat kembali merencanakan tindakan manajeman secara lebih tegas berfokus pada perolehan sertifikat dan terutama pada peningkatan mutu layanan.
Akreditasi menghasilkan perubahan yang luas dan posistif dalam organisasi, sistem di rumah sakit, karena hasilnya menunjukkan bahwa praktik manajeman dan pelayanan berhasil diubah dan dalam aspek yang berbeda seperti: standarisasi dan pemetaan proses perawatan, peningkatan struktur fisik dan organisasi rumah sakit, posisi strategis dipasar, masuknya kepemimpinan yang partisipatif, selain inisiatif lain yang mendorong peningkatan mutu pelayanan.
Kegiatan Workshop Akreditasi ini telah dilaksanakan di RSUD M.Th.Djaman tanggal 30 s/d 31Oktober 2017. Selama 2 (dua) hari pelaksaan workshop ini diketahui Jumlah peserta workshop sebanyak 60 orang dengan melibatkan semua profesi medis dan jajaran manajeman yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas A di Aula Hotel Meldy Kab. Sanggau dan kelas B di Aula RSUD M.Th.Djaman. Para peserta workshop diberikan pemahaman tentang materi akreditasi untuk program reguler yaitu 15 pokja. Materi diberikan langsung oleh narasumber dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) di tingkat pusat-Jakarta.
Disampaikan oleh narasumber bahwa Akreditasi tersebut memerlukan perubahan manajeman di Rumah Sakit yang terjadi dalam aspek berikut: operasional, struktural, keuangan dan biaya, manajeman rumah sakit dan manajeman mutu. Perubahan ini menjadi perubahan dalam dimensi triad (struktur, proses dan hasil).
“Direktur dan Ketua Akreditasi RSUD M.Th.Djaman berharap dengan diadakannya workshop ini bisa menambah wawasan dan membuka pikiran untuk seluruh peserta workshop yang merupakan Tim Akreditasi RSUD M.Th.Djaman, untuk selanjutnya dapat mulai menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, serta mulai menerapkan, mengimplementasikan segala hal terkait pelayanan sesuai pedoman, panduan dan standar pelayanan yang diharuskan dalam akreditasi program reguler”. paparnya.
Para peserta tampat begitu antusias mendengarkan materi yang dibawakan pembicara/narasumber KARS.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.